Patung SAM RATULANGIE di Jalan Sam Ratulangi
Patung SAM RATULANGIE di Jalan Sam Ratulangi

Mungkin kebanyakan dari Anda telah bosan dengan topik ini. Namun bagiku ini bagaikan satu obsesi…..

PERTEMUAN pada tanggal 29 Nopember 2012

Kalau umur menjelang “uzur” maka kadang2 terpikir akan ada apa atau tidak adakah PR yang masih perlu dikerjakan?….. Ya itulah…. sepertinya ADA… ya bahkan ADA BEBERAPA. Dan satu diantaranya adalah yang ini..
Dua minggu lalu (tepatnya tanggal 29 Nopember 2012) ku antar satu surat untuk Ketua Yayasan Perguruan KRIS yang dapat dibaca dibawah ini. Di gedung Perguruan KRIS saya berkesempatan menemui Ibu Yessy Sancha Bachtiar-Supit dan beberapa anggauta Pengurus yang lain menerima kedatanganku  dengan sangat ramah.
Maksud kedatanganku memang sebelumnya sudah kuberitahukan melalui telepon dan ketika itu Ibu Yessy sudah katakan bahwa agaknya Yayasan tidak berkeberatan, namun disarankan agar aku melihat sendiri kondisi tempat itu.
Dan memang setelah melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana kondisi gedung dan juga teras2, yang tadinya kupikir bisa dipasang panel2 untuk ditempelkan foto2 seperti dua tahun lalu di Tondano dan kemudian di Museum Manado. Dalam kenanganku kegiatan dua tahun lalu itu merupakan kegiatan yang cukup sukses, berkat upaya seluruh anak2 dan cucu2 dan juga saudara2 yang ada di Minahasa ditopang oleh sekedar sumbangan donatur.
Namun….. pikir punya pikir setelah melihat kondisi fisik dan mendengar perihal kondisi non-fisik yang menyelimuti gedung itu maka saya pastikan bahwa maksud untuk menyelenggarakan PAMERAN FOTO SAM RATULANGIE pada tanggal 28 s/d 30 Desember 2012 tidak akan dapat terlaksana.
Dipertimbangkan juga tempat2 alternatip seperti Gedung Joang di Menteng atau Museum Perumusan Naskah Proklamasi, namun kuangap itu tidak dapat mendukung maksud yang ingin menfokuskan peran Sam Ratulangie dan Gedung Jalan Sam Ratulangi no 26 dalam era revolusi fisik, dalam pergelutan penyelamatan keluarga2 Sulawesi oleh masyarakat Sulawesi lainnya yang diperantauan teristimewa kaum mudanya, yakni pelajar dan beberapa gelintir mahasiswa.
Jadi untuk sementara IDEA mengenai PAMERAN tersebut harus ditangguhkan sampai satu saat, mungkin di tahun 2013, dimana keadaan lebih kondusif.

SURAT tertanggal 16 Nopember 2012

Dua foto yang dibuat tanggal 29 Nopember 2012:

DSC01184w

Jika foto diklik terdengar Choral: “O Haupt voll Blut und Wunden” (J.S.Bach)

Silahkan klik judul2 dibawah ini

Mengangkat lagi perihal Jalan Sam Ratulangi no 26-28     

   

USULAN untuk PENDAYAGUNAAN Gedung KRIS

 

Neglected Statue of SAM RATULANGIE in Central Jakarta 

 

BERDIRINYA YAYASAN PERGURUAN KRIS

  

Video of Jalan Sam Ratulangie 26-28

 

KOMUNIKASI INTERNET SULUT-BOSAMI NET